Rabu, 27 April 2011

PERJALANAN TAPAK SUCI JASINGA

Tapak Suci Jasinga berawal dari Unit Latihan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Tapak Suci Leuwiliang, yang diadakan latihannya pada malam hari dengan angkatan pertama pada tahun 1983, ketika itu para siswanya antara lain : Bp. Hasanudin, Basri, Supardi Nilawidyana, Abdul Hamid (Mamit) dan banyak lagi siswa yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. 

Tapak Suci Jasinga ketika itu di kelola oleh Bapak E.A Muslih akrab di panggil Pak Emus. Beliaulah yang merintis perkembangan Tapak Suci Jasinga. Dari berbagai kegiatan mulai dari Latihan , Pelantikan, dan Ujian Kenaikan Tingkat, sampai kegiatan Kemah Dakwah dan lain sebagainya. Adapun para pelatihnya ketika itu didatangkan dari Leuwiliang, diantaranya : Bapak Eli Jatnika, Bapak Budi, dan banyak lagi kader-kader yang menyertainya.





Dari tahun - ketahun terus berkembang hingga pada tahun 1984, Pendaftaran siswa baru pun dibuka hingga pada saat itu mencapai jumlah siswa sebanyak 64 orang, ini disebut anggatan kedua. Dari angkatan kedua pun masih dilatih oleh para Pelatih dari Leuwiliang, dan ketika itupun masih bersatatus Pimpinan Unit. Dengan usaha yang keras serta perjuangan yang gigih, pada tahun 1985 Tapak Suci Jasinga mengalami puncak kejayaannya, hingga pada saat itu menerima pendaftaran siswa baru, sampai mencapai 172 orang siswa, dan saya pun masuk pada saat itu. (angkatan ketiga). 

Besama para pengelola Tapak Suci Jasinga, diantaranya Bapak E.A Muslih dan H. Abdul Hamid (Mamit) mengajukan ke Pimda Tapak Suci Kota Bogor ( karena pada saat itu belum terbentuk Pimda Kab. Bogor) mengajukan supaya Jasinga di jadikan sebagai Pimpinan Cabang, bukan lagi sebagai Unit Latihan. Dengan kerja keras, dan memang sudah memenuhi syarat untuk di jadikan Cabang, Alhamdulillah pada Tahun 1991 dengan resmi Pimpinan Cabang Tapak Suci Jasinga terwujud. 

Pada saat itulah dibentuk kepengurusan, yang mana di Ketuai oleh E.A Muslih sebagai ketua Umum, dan Pelaksana di Pimpin Oleh H. Abdul Hamid. Dengan terbentuknya kepengurusan tersebut, semakin memiliki kewenangan untuk mengembangkan Tapak Suci di Jasinga, hingga dalam berbagai kegiatan, baik itu kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, maupun kegiatan yang diselenggaran oleh Muhammadiyah, Tapak Suci Jasinga selalu eksis dan ikut tampil.

Ketikan atraksi dalam acara HUT RI (17 Agustus)

Ditambah lagi berbagai kegiatan - kegiatan yang khusus dilaksanakan oleh Tapak Suci Jasinga, seperti Pelantikan, Ujian Kenaikan  Tingkat, Pertandingan, dan Kemah dakwah. Dari angkatan ketiga munculah beberapa kader yang militan dan berhasil menjelajah ke daerah sebrang , tepatnya di Aceh yaitu Sdr Umar Mahtub akrab dipanggil Mumuh anak pertama Bapak E.A Muslih, dan sekarang sudah menjadi Pendekar.
 
Dari kepengurusan ke pengurusan yang baru, mulai dari E.A Muslih dilanjutak oleh Umar Mahtub, kemudian oleh Nurul Fajar sering di panggil Ruli, lantas pernah juga oleh E. Basri, S.Ag, yang besiknya dari Cimande. hingga saat ini yang di ketuai oleh Sdr Engkos Kosasih, Tapak Suci Jasinga mengalami perjalanan yang jatuh bangun, bahkan sempat pakem, itu terjadi pada masa kepengurusan E. Basri, karena berbagai kendala hingga pada tahun 1994 yang di pimpin oleh Umar Mahtub dilanjutkan oleh Nurul Fajar pada tahun 1995-1999, kemudian E. Basri, S.Ag pada tahun 1999-2003 . Tapak Suci Jasinga sempat pakem selama 2 tahun ketika pasca kepengurusan E.Basri , pada tahun 2003 - 2005 tidak ada kegiatan sama sekali. dan latihanpun betul-betul pakem. Akhirnya pada pada tahun itu saya selaku Sekretaris Umum hanya mengadakan berbagai kegiatan secara individu. Dan Allhamdulillah pada tahun 2005 saya bisa mengadakan MUSYCAB , dan akhirnya terbentuklah kepengurusan yang di Ketuai oleh saya. yaitu Priode 2005 - 2010. hingga pada masa-masa kepengurusan saya sudah berbagai jenis kegiatan yang saya laksanakan : (itu bisa dilihat dari Photo-photo kegiatan). 

Demikian Perjalanan Sekilah tentang Tapak Suci Jasinga, walau hanya dikemas sesederhana mungkin , tapi mudah-mudahan menjadikan gambaran bagi para penggemar Seni Bela Diri khususnya Tapak Suci. Amien.



Penulis : Engkos Kosasih ( HP. 0857 819 26662 )


1 komentar: